SEMINAR JUDUL STKIP BANTEN

Admin Web/ Oktober 18, 2020/ Artikel Dosen/ 0 comments

Pelaksanaan seminar judul merupakan tahapan awal mahasiswa STKIP Banten dalam membuat karya ilmiah (skripsi) dengan menentukan 1 judul dari 3 pilihan judul yang telah dibuat serta diajukan dan di ACC oleh Ketua Program Studi masing-masing. Kemudian judul tersebut diseminarkan, supaya mengetahui sejauhmana mahasiswa memahami dan menguasai judul yang telah dibuat. Langkah konkrit yang telah dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan (observasi awal) untuk menentukan titik permasalahan yang akan di teliti dan merancang sistematika sesuai prosedur pelaksanaan dalam penulisan, kemudian merancang latar belakang isi permasalahan serta menentukan metode penelitian yang selaras denggan judul yang dipilih.

Tujuan dari pelaksanaan seminar judul atau seminar outline yang telah ditetapkan STKIP Banten sebagai langkah awal mahasiswa agar mengetahui kemana alur pengamatan, penyusunan dan pelaksanaan penelitian yang akan dilakukannya. Karena sebagian banyak mahasiswa masih ambigu bila mendengar menyusun tugas akhir/karya ilmiah. Langkah konkrit yang diambil oleh lembaga kampus STKIP Banten untuk mempermudah mahasiswa untuk mengetahui formatur dan langkah spesifik dalam mengenal karya ilmiah, selain dari mengadakan seminar ilmiah pihak kampus juga mengadakan seminar judul.

Mahasiswa merasa dimudahkan dengan adanya seminar judul yang diadakan oleh lembaga pendidikan tinggi STKIP Banten, karena mahasiswa menilai ini sebagai metode yang mustajab untuk membantu ke proses dan tahapan selajutnya. Pada hari sabtu 17 Oktober 2020 STKIP Banten telah mengadakan seminar judul, adapun mahasiswa yang akan menjalankan seminar outline (seminar judul) yakni: dari program studi PPKN 1 mahasiswa, PGPAUD 2 mahasiswa, dan Pendidikan Matematika 2 mahasiswa, jadi total keseluruhan mahasiswa yang mengikuti seminar judul yaitu sebanyak 5 mahasiswa. Pelaksanaan seminar judul kali ini berjalan dengan lancar tampa ada kendala, kelima mahasiswa dari program studi yang berbeda tersebut dinyatakan layak dan akan melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menyusun proposal penelitian.

Ketua program studi PGPAUD Alvan Hazhari, M.Pd menyampaikan bahwa seminar outline STKIP Banten gelombang pertama di tahun 2020/2021 kali ini disambut antusias dari mahasiswa yang akan melaksanakan ujian dan mereka (mahasiswa) sangat senang karena hasil yang mereka dapatkan sangat memuaskan dan dinyatakan layak untuk lanjut ke tahap kedua yaitu proposal skripsi. Di masa pandemi ini tidak mengurungkan niat mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir walaupun dalam keadaan yang masih mencengkam. Pelaksanaan seminar judul dalam masa pendemi ini, mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti: menjaga jarak sosial, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*