UKM Korps Suka Rela (KSR) PMI Unit STKIP Banten

Admin Web/ Oktober 24, 2020/ Unit Kegiatan Mahasiswa/ 0 comments

Dokumentasi Kegiatan KSR PMI Unit STKIP Banten

A. Sejarah UKM KSR PMI Unit STKIP Banten

Awal mula berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Rela STKIP Banten (UKM KSR PMI Unit STKIP Banten) ini dimulai ketika timbulnya keinginan beberapa mahasiswa aktif yang ingin memiliki kegiatan dibidang kepalangmerahan dan kesehatan di kampus STKIP Banten. Beberapa diantara mahasiswa tersebut adalah Kak Asep Saya Hidayatullah, Amr Sahroni, Egi Septiagi, Desriyanti, Yuliana, Nurmala Defi, dan 3 mahasiswa lainnya yang ikut mendukung berdirinya UKM ini. Mereka dikenal juga sebagai 9 Pendiri UKM KSR PMI Unit STKIP Banten.

Usaha dari para perintis mewujudkan keinginan dalam mengkoordinir bakat kepalangmerahan mahasiswa ini bermula ketika pertemuan pada tanggal 22 Februari 2015 di salah satu objek wisata air Citaman Batu Goong.Dalam pertemuan tersebut mereka membagi tugas untuk mencari informasi bagaimana UKM KSR ini bisa berdiri di kampus STKIP Banten. Untuk mengembangkan idenya sebagai unit tenaga sukarelawan mereka berkonsultasi dengan Palang Merah Indonesia di Kota Serang dan Perguruan Tinggi yang memiliki UKM KSR di Kota Serang.

Usaha untuk mewujudkan keinginan ini ternyata juga mendapat dukungan dari pihak PMI Kota Serang dan mendapatkan respon yang bagus dari mahasiswa di STKIP Banten saat itu, itu terbukti dari antusias mahasiswa yang ingin bergabung dengan calon UKM KSR ini, dalam beberapa waktu lebih dari 30 mahasiswa STKIP Banten bergabung menjadi anggota KSR PMI Unit STKIP Banten.

Melalui pendeklarasian bersama Lembaga dan Rektor STKIP di Kampus Taktakan proposal pengajuan berdirinya UKM di ajukan, dan ternyata dapat diterima oleh pihak Lembaga Kampus, dan mendapat SK Rektor STKIP Banten yaitu oleh DRS. Ahmad Syauki, M. BAT pada bulan Februari 2015.

Setelah itu latihan rutin dijalankan, keberadaan UKM KSR PMI Unit STKIP Banten semakin kokoh dengan surat keputusan Rektor STKIP Banten Nomor.  tentang berdirinya UKM KSR PMI Unit STKIP Banten.

Demikianlah sejarah singkat berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela PMI Unit STKIP Banten (UKM KSR PMI Unit STKIP Banten)

B. Profil UKM KSR PMI Unit STKIP Banten

Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela PMI Unit STKIP Banten merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang berada di STKIP Banten dan berkoordinasi di bawah naungan PMI Kota Serang. KSR PMI Unit STKIP Banten juga organisasi yang bergerak dalam bidang kepalangmerahan dan kesehatan. KSR PMI Unit STKIP Banten merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa STKIP Banten yang ingin menyalurkan bakat dan minatnya dalam berorganisasi, membina rasa kesetiakawanan sosial dan mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi. KSR PMI Unit STKIP Banten berdiri pada tanggal 22 Februari 2015 terus berupaya meningkatkan kemampuan kepalangmerahan dalam upaya mengantisipasi banyaknya kejadian-kejadian di lingkungan kita yang membutuhkan pertolongan pertama dan banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia sebagai wujud mengamalkan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

C. Visi dan Misi

Visi

“UKM KSR PMI Unit STKIP Banten mampu dan siap menyediakan pelayanan kepalangmerahan di lingkungan kampus maupun masyarakat dengan cepat dan tepat dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional”

Misi

  1. Menjalin relasi dan kerjasama dengan alumni, masyarakat, dan organisasi relawan lainnya.
  2. Menjadi ujung tombak PMI dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan
  3. Pengembangan dan penguatan kapabilitas organisasi
  4. Mempererat hubungan internal sehingga terciptanya solidaritas antar anggota
  5. Meningkatkan kolaborasi yang sinergis dengan organisasi KSR di Provinsi Banten khususnya di Kota Serang.
  6. Melakukan administrasi yang rapi dan profesional

D. Motto UKM KSR PMI Unit STKIP Banten

“Mengabdi Sepenuh Hati Untuk Kemanusiaan”

E. Kegiatan UKM KSR PMI Unit STKIP Banten

  1. Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklat) Untuk Anggota Baru
  2. Latihan rutin kepalangmerahan dan keorganisasian
  3. Cek golongan darah
  4. Donor darah sukarela
  5. Workshop dan Sosialisasi
  6. Pelatihan Nasional
  7. Milad KSR PMI Unit STKIP Banten
  8. Aksi Peduli Sesama
  9. Pelatihan spesialisasi bersama Palang Merah Indonesia
Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*