Asessmen Lapangan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Admin Web/ Maret 19, 2021/ Berita/ 0 comments

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi pada STKIP Banten telah melaksanakan Assesmen Lapangan merupakan salah satu dari kegiatan dari proses akreditasi Program Studi. Dimasa pandemic saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengambil kebijakan dalam melaksanakan assesmen lapangan dilakukan secara daring. Sebelum pandemic, kegiatan assesmen lapangan dilaksanakan secara tatap muka dengan melakukan kuncjungan kerja asesor ke Program Studi atau Perguruan Tinggi secara langsung. Maka pada keadaan pandemic covid-19 ini dilakukan secara daring.

Menurut Pardiman, S.Pd., M.Pd. (Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi), “Pelaksanaan AL secara daring tetap mengacu pada pedoman AL sesuai instrumen yang digunakan. Perbedaannya hanya pada cara atau medianya saja. Kegiatan pembukaan, proses wawancara, konfirmasi data dan informasi, evaluasi hasil dan rekomendasi serta penutupan dilakukan dengan video conference melalui platform Zoom” .

Dok. Arsip

STKIP Banten pada kesempatan ini melakukan assesmen lapangan untuk proses akreditasi Program Studi yaitu Strata Satu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Ini merupakan ketiga kalinya STKIP Banten menyelenggarakan kegiatan Assesmen Lapangan secara daring (online) dan berturut-turut dilaksanakan dalam rentang waktu 1 bulan di hari yang berbeda. Assesmen Lapangan secara daring (online) oleh Asesor BAN-PT dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 17 s/d 18 Maret 2021.

Kali ini yang ditugaskan oleh BAN-PT untuk menjadi asesor asessmen lapangan yaitu : Asesor 1 – Dr. Yudhy Hendrayana, M.Kes., (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Asesor 2 – Prof. Dr. I Nyoman Kanca, M.S. (Universitas Pendidikan Ganesha).

Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Pimpinan STKIP Banten, Ketua Program Studi, Tim Penyusun Borang yang terlibat disediakan ruang khusus untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil. Sedangkan Stakeholder, Pengguna, Alumni, Mahasiswa, dan Dosen melakukan wawancara dari rumah atau tempat kerja masing-masing.

S. Rosdiana Emi Yulia, S.Pd., M.M. selaku Ketua STKIP Banten menyatakan sangat berterima kasih bahwa telah dapat dilaksanakannya akreditasi ini. “Alhamdulillah, kita dapat melaksanakan Asesmen Lapangan pada proses Akreditasi Program Studi ini walapun dengan melalaui daring semoga kita dapat mencerminkan hasil capaian dari apa yang kita sudah laksanakan tersampaikan kepada asesor dan BAN-PT”.

Selain itu STKIP Banten sendiri memang sudah mempunyai Badan Penjaminan Mutu yang bernama Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) sebagai cerminan dari capaian yang telak dilakukan oleh Lembaga STKIP Banten baik Stakholder, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni.

Sesi Dosen – Dok. Arsip

“Ini adalah salah satu cerminan dari STKIP Banten, utamanya pada Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dimana kita dapat melihat ketercapaian dan kekurang yang sudah dilakukan. Walaupun BPMI sendiri sudah melakukan Audit Mutu Internal (AMI), itu tidak cukup karena cerminan secara keseluruhan adalah proses Akreditasi itu sendiri secara independen”, ujarnya menurut Plt. Ketua BPMI – Dr. Ir. H. Ahmad Yanuar Syauki, MBAT.

Secara keseluruhan pada proses akreditasi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi bukti-bukti dokumen telah tersapiakan dengan baik, dan akuntable.

Begitupun yang disampaiakan oleh Asesor Dr. Yudhy Hendrayana, M.Kes. “Ketercapaian Program dan lainnya Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi pada STKIP Banten cukup baik, yang sudah ada dipertahankan, dilaksanakan secara continue serta ditingkatan agar lebih baik lagi kedepannya”.

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*