Surat Edaran Pelaksanaan KKM di Masa Covid-19

Admin Web/ Mei 4, 2021/ Akademik/ 0 comments

SURAT EDARAN

Nomor: 16/LPPM-SE/STKIPB/IV/2021

TENTANG :

PELAKSANAAN KULIAH KERJA MAHASISWA DI MASA DARURAT PENDEMIK COVID-19

DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BANTEN

Bedasarkan rapat pimpinan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten pada Hari Jumat Tanggal 30 April 2021 tentang pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Maka diberitahukan bahwa penyelenggaraan kegiatan Kuliah Keja Mahasiswa (KKM) Tahun 2021 mengalami sejumlah perubahan.

Adapun ketentuan-ketentuan mengenai perubahan penyelenggaraan KKM yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Ketentuan Umum:
  2. KKM terarah untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 dan mitigasi dampaknya di masyarakat
  3. Mahasiswa peserta KKM melakukan pendaftaran, mengikuti pembekalan, melaksanakan kegiatan, melaporkan kegiatannya dan mengikuti seminar laporan.
  4. Pendaftaran, pembekalan, pelaporan, dan sidang yudisium sebagaimana disebut pada butir (b) dilaksanakan secara daring.
  5. Lokasi pelaksanaan kegiatan KKM di daerah domisili masing-masing mahasiswa.
  6. Lama pelaksanaan KKM adalah 30 hari.
  7. Jadwal KKM
  8. Penyelenggaran KKM mengikuti jadwal sebagai berikut:
  • Pendaftaran : 9 Mei 2021 (Batas akhir)
  • Laporan Penentuan Lokasi : 9 Mei 2021
  • Perijinan dan surat-menyurat : 18 Mei – 21 Mei 2021
  • Pembekalan : 30 Mei 2021
  • Pengumpulan Rencana Kegiatan KKM: 30 Mei 2021 (Batas akhir)
  • Pelaksanaan 2 Juni – 2 Juli 2021
  • Pelaporan : Jumat, 9 Juli 2021
  • Seminar Laporan KKM : 11 – 18 Juli 2021
  1. Pendaftaran KKM
  2. Mengontrak mata kuliah KKM (dibuktikan dengan KRS)
  3. Calon peserta harus memenuhi syarat aktif kegiatan belajar minimal selama 6 semester dan telah memperoleh kelulusan minimal 110 sks (dibuktikan dengan KHS)
  4. Mahasiswa harus melunasi biaya penyelenggaraan KKM sebagaimana ketentuan yang ditetapkan oleh Sekolah Tinggi (dibuktikan dengan kwitansi).
  5. Calon peserta harus melunasi SPP minimal selama 6 semester (dibuktikan dengan surat keterangan lunas dari Biro Keuangan STKIP).
  6. Pendaftaran KKM dilakukan dengan mengisi form yang telah disediakan, dengan membubuhkan tanda tangan mahasiswa dan tanda tangan Pembimbing Akademik atau Kaprodi untuk memastikan bahwa mahasiswa yang bersangkutan benar-benar tidak memiliki kendala perkuliahan sebagaimana disebut pada butir a.
  7. Form pendaftaran yang telah ditandatangani selanjutnya, disertai lampiran bukti kwitansi pelunasan biaya KKM (butir b) dan surat keterangan lunas (butir c)
  8. Foto kopi KTM
  9. Bagi mahasiswa yang belum memenuhi poin 3.a cukup melampirkan bukti dari 3.b sampai 3.g
  10. Pembekalan KKM
  11. Panitia KKM memberikan pembekalan KKM secara daring sebanyak 1-3 sessi, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  12. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan KKM, maka Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diharuskan membentuk grup untuk setiap kelompok bimbingan dengan menggunakan aplikasi WhatApps, forum daring, video conference, atau platform lain yang memungkinkan untuk berdiskusi secara daring sehingga memudahkan komunikasi mahasiswa dengan DPL selama pelaksaanaan kegiatan KKM.
  13. Penentuan Lokasi, Pembuatan Rencana Kegiatan, Bimbingan KKM, dan Persiapan.
  14. Calon peserta harus menentukan lokasi KKM di daerah tempat tinggal (domisili) mahasiswa yang bersangkutan.
  15. Tema-tema KKM disarankan berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 dan mitigasi dampaknya sebagaimana disebut pada butir (1.a.). Tema-tema yang disarankan adalah meliputi salah satu atau gabungan dari, namun tidak terbatas pada:
  • Keagamaan dan Kesehatan. Kegiatan ini dapat berupa:
  • Pendidikan dan sosialisasi keputusan Mentri Agama tentang pedoman ibadah dalam situasi pandemi.
  • Pengajian/penyuluhan ibadah, doa/istighatsah atau kegiatan pendidikan/TPQ yang mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19.
  • Kesehatan masyarakat. Kegiatan dapat berupa:
  • Mempromosikan informasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat,
  • Menjadi relawan di tengah pandemi COVID-19,
  • Melatih masyarakat membuat masker (bukan memberi masker secara cuma-cuma), mempromosikan atau membuat makanan/minuman yang dapat meningkatkan daya tubuh dan lain-lain terkait dengan pemeliharaan kesehatan di masa pandemi.
  • Dan lain-lain terkait dengan kesehatan (sesuai kompetensi keprodian masing-masing). Ketahanan ek
  • Edukasi. Kegiatan dapat berupa:
  • Menulis artikel atau membuat video edukatif, yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasi di media cetak maupun elektronik,
  • Memberi ceramah atau pelatihan/penyuluhan kepada masyarakat,
  • Dan lain-lain terkait dengan kependidikan (sesuai kompetensi keprodian masing-masing).
  • Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19.

Tema-tema tersebut dapat dipilih secara fleksibel, namun tetap menonjolkan konten yang berdimensi ke-STKIP-an dan Keprodian.

  1. Setiap mahasiswa harus menyusun proposal Rencana Kegiatan di wilayah domisili yang bersangkutan selama masa KKM (form telah disediakan).
  2. Pembimbingan lapangan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan dengan berbasis pada keprodian. DPL membimbing sejumlah mahasiswa peserta KKM.
  3. Bimbingan pembuatan proposal Rencana Kegiatan KKM dan bimbingan persiapan program kerja yang akan dilaksanakan selama kegiatan KKM dilakukan secara online.
  4. Batas akhir pengumpulan Rencana Kegiatan KKM pada 23 Mei 2021.
  5. Rencana Kegiatan KKM dikumpulkan dalam format softcopy yang diunggah oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke email: dok.akademik@gmail.com Ini sekaligus membuktikan bahwa Rencana Kegiatan KKM oleh mahasiswa yang bersangkutan sudah benar-benar dikonsultasikan, diperiksa atau diberi masukan yang bermakna oleh DPL.
  6. Kegiatan Pelepasan KKM ditiadakan.
  7. Dosen pembimbing lapangan (DPL) memantau pelaksanaan kegiatan KKM secara daring melalui grup KKM yang telah dibentuk, merujuk pada butir (4.b.)
  8. Penilaian KKM masih tetap mengikuti prosedur KKM sebelumnya yakni, nilai pembekalan, kesesuaian dengan rencana, mutu luaran, dan nilai laporan.
  9. Laporan Akhir KKM
  10. Laporan akhir kegiatan KKM meliputi:
  • Laporan individual. Setiap mahasiswa membuat catatan harian aktivitas-aktivitas yang bersangkutan selama 30 hari masa KKM. Catatan tersebut dituangkan di buku harian (logbook) yang telah disediakan
  • Laporan Kelompok. Kelompok yang dimaksud adalah kelompok bimbingan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pembimbingan kelompok berbasis pada mahasiswa prodi sebagaimana disebutkan pada butir 5.e. Laporan kelompok berupa video atau kompilasi video aneka kegiatan KKM di bawah bimbingan seorang DPL.
  1. Laporan kegiatan KKM dibuat sesuai dengan panduan penulisan laporan akhir KKM dan dikirim ke melalui email: dok.akademik@gmail.com
  2. Laporan KKM akan segera dinilai berdasarkan kriteria sebagaimana disebutkan pada 5.j. melalui seminar laporan KKM.

Demikian informasi tentang perubahan penyelenggaraan KKM Tahun 2021 ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Serang, 02 Mei 2021

Ketua STKIP Banten

Dr Ir H A Yanuar Syauki, M.BAT

NIDN. 0319019604

Tembusan

  1. Ketua Yayasan
  2. Wakil Ketua I
  3. Wakil Ketua II
  4. Wakil Ketua III
  5. Ka. Prodi

 

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*