Seminar Pendidikan Nasional “Membangun Semangat Generasi Muda Yang Berkarakter dan Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan”

Admin Web/ Juni 3, 2021/ Berita/ 0 comments

Pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan Banten (STKIP Banten) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Tekhnologi Banten (STT Banten) dan Universitas Selamat Sri (Uniss) Kendal Jawa tengah serta Yayasan Insan Aqilah mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk “Membangun Semangat Generasi Muda Yang Berkarakter dan Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan”. Yang di buka oleh: Keynote Speaker: Alvan Hazhari, M.Pd (STKIP Banten), serta di isi oleh Narasumber 1 : Samsudin, M.Pd (Unnis Kendal) dan Narasumber 2 : Aden Wijaya, M.M (STT Banten).

Pada pembukaan oleh keynote Speaker Bapak Alvan Hazhari, M.Pd Dosen STKIP Banten menyatakan bahwa Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa, karena masa depan bangsa ada di tangan para pemuda. Untuk itu, setiap generasi muda harus punya rasa optimistis dalam menatap masa depan bangsa dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya selain itu generasi muda harus memiliki jiwa kompetitif dalam bersaing untuk mencetuskan kemerdekaan dalam diri generasi muda yang mempunyai visioner good goverment and good society terhadap bangsa dan negara.

Pelaksanaan seminar nasional dengan tema yang menarik tentang generasi muda yang berkarakter dan kompetitif, kali ini dikupas dalam perspektif dunia pendidikan. Sehingga audience dapat memaknai dari sisi aspek generasi muda yang seperti apa yang akan di bedah oleh kedua narasumber.

Suasana semakin menarik ditengah perjalanan dalam pembahasan kali ini yang akan di kupas tuntas oleh Narasumber 1 yakni Samsudin, M.Pd (Dosen Uniss Kendal) tentang generasi muda yang kompetitif. Generasi muda yang kompetitif yaitu generasi muda harus berkompetisi dalam pasar persaingan baik dalam bentuk edupreneur mupun pendidikan serta sosial.

Sebab, semakin kedepan lonjakan perkembangan jaman semakin pesat, apa lagi di abad ke-21 ini semakin beranjak ke arah perkembangan digital yang dimana android mendominasi didalam pasar internasional, maka dari sini peran generasi muda harus bersaing dalam dunia luar sehingga dapat berkompetisi bertara nasional maupun internasional.

Apa lagi mundur dari beberapa tahun kebelakang saat jaman orde lama bahwasannya perkembangan dari 1.0 sampai 4.0 mengalami perubahan dan pergeseran jaman yang sangt signifikan. Dengan hal ini, generasi muda tidak boleh tinggal diam apalagi berdiam diri di tempat, generasi muda harus melakukan pergerakan untuk melaju lebih cepat dalam merubah perkembangan yang lebih kompetitif.

Selanjutnya narasumber 2 yang disampaikan oleh Aden Wijaya, M.M (Dosen STT Banten) menyampaikan materi tentang generasi muda yang berkarakter bahwa pembentukan karakter itu, harus dilakukan sedikit demi sedikit, hari demi hari dengan berbekalkan kesabaran serta development yang terus menerus sehingga akan terbentuk karakter yang baik.

Seperti karakter yang mendominasi yaitu tentang, sikap, budipekerti, tingkah laku dan perbuatan seperti yang di sampaikan Dr. Fahrudin Faiz yakni : Good character is not from in a week or a month. It is created little bi little, day by day process and patient if a is need a to develope good charact.

Harapan dari kami sebagai panitia pelaksana seminar nasionlal semoga kedepan dapat membahas tema yang lebih menarik dan lebih luas lagi untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan terhadap generasi muda serta dapat membangun motivasi generasi muda menjadi semangat dalam membentuk karakter dan memiliki jiwa kompetisi dalam dunia pendidikan.

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*