Pembukaan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten

Admin Web/ Juni 10, 2021/ Berita/ 0 comments

Kuliah Kerja Mahasiswa atau yang biasa di singkat KKM merupakan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimana mahasiswa langsung terjun kelapangan untuk mengaplikasikan kreativitas maupun kognitif mereka melalui program kerjan yang telah dirancang oleh setiap masing-masing kelompok.

Pada hari selasa tanggal 8 Juni 2021 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Banten, mengadakan acara pembukaan sekaligus pelepasan mahasiswa KKM di Aula Kantor Kecamatan Walantaka Kota Serang, yang di hadiri oleh Sekretaris Camat Walantaka  Wakil ketua I STKIP Banten sekaligus ketua pelaksana KKM dan Ketua LPPM STKIP Banten .serta para dosen pembimbing KKM Bapak Pardiman, M.Pd dan Ibu Destri Astria Ningsih, M.Pd.Pembukaan KKM diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh mahasiswa.

Selanjutnya sambutan oleh Wakil Ketua I STKIP Banten sekaligus ketua pelaksana KKM Ibu Fatmawati, M.Pd, menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan KKM di masa pandemi covid-19 ini mahasiswa harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama KKM berlangsung serta mensosialisasikan kepada masyarkat dengan sadar akan protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker yang berstandar Kemenkes dan menajaga jarak sosial, hal ini dilakukan agar memutus rantai penyebaran covid-19 di kecamtan walantaka.

Adapun jumlah peserta KKM pada Tahun Akademik 2020/2021 ini yaitu berjumlah 97 mahasiswa, yang tersebar luas di 4 kecamatan yang berada di propinsi banten yakni kecamatan Walantaka, kecamatan Taktakan Kecamatan Rajeg dan kecamatan Tigaraksa dengan demikian, pelaksanaan KKM dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa, karena pelaksanaannya tidak seperti biasannya di tahun-tahun sebelumnya dikarenakan ditengah pandemi covid-19 yang semakin meroket.

Selanjutnya Bapak Alvan Hazhari, M.Pd selaku Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) STKIP Banten menyampaikan dalam sambutannya bahwa, pelaksanaan KKM merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Yakni Pengabdian Kepada Masyarakat hal tersebut tertera pada UU No 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi.

Rancangan program kerja yang ingin direalisasikan kemasyarkaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, banyak program kerja lebih terararah ke pendidikan, religius, dan kebersihan lingkungan sesuai dengan visi utama kecamatan Walantaka. Program kerja juga harus fleksibel jangan sampai mandek ditengah jalan hingga tidak terealisasi kemasyarkat, yang menyebabkan kegagalan program kerja yang berkepanjangan.

Selain itu, mahasiswa KKM harus mengutamakan penerapan ilmu pedagogik, profesionalitas dalam memberikan pengabdian, bersisialisasi secara penuh dengan masyarakat, dan menanamkan kepribadian yang baik selama pelaksanaan KKM, Sehingga terdapat nilai moral yang dipetik oleh masyarakat yang terkesan sepanjang masa.

Seterusnya Sekretaris Camat menyampaikan KKM merupakan bagian yang tidak dipisahkan dari perguruan tinggi, karena setiap kampus pasti melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa dengan membawa program kerja yang menarik dan kreatif.

Sekcam juga menyatakan dengan adanya pandemi covid-19 tidak mengurungkan niat untuk berkarya memberikan yang terbaik kepada masyarakat lewat KKM. Semoga perjalanan KKM di masa pandemi tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah kota Serang yang menaungi kecamatan Walantaka.

Acara pembukaan sekaligus pelepasan KKM di Aula kantor Kecamatan Walantaka berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, kami selaku civitas akademika STKIP Banten Mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat baik camat, sekcam, staff dan jajaran kecamatan walantaka sudah menerima kedatangan kami dengan sangat baik

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*