Pembangunan Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Edukasi Pendidikan Serta Minat Belajar Masyarakat Pipitan Bersama Mahasiswa KKM STKIP Banten Kelompok

Admin Web/ September 23, 2021/ Artikel Mahasiswa/ 0 comments

Oleh : Bagas Maulana (Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STKIP Banten Kelompok II pada periode 2021 bertema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Saat ini, pembelajaran secara daring dikala pandemi adalah salah satu model pembelajaran yang digunakan diberbagai institusi pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Mengapa demikian karena dalam perinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi adalah mengutamakan kesehatan dan keselamtan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya.

Dalam pembelajaran secara daring terdapat banak dampak negatif bagi yang menjalankanya seperti terjadi kesalah , jaringan internet sering tidak lancar dan memerlukan teknologi yang baik. Permasalahan tersebut akan menjadi kendala untuk pemberian informasi mengenai pembelajaran yang diajarkan oleh pihak institusi pendidikan khususnya pembelajaran mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pembelajran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi perlu menjadi perhatian khusus dan harus digerakan secara massif karena pembelajaran ini sejalan dengan Visi Indonesia 2045 pada pilar 1 yaitu “Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” maka dari itu saya Faisal Arismaulana mahasiswa Program Studi Teknologi, Sekolah Vokasi, STKIP Banten, melaksanakan program pembelajaran Arduino for Kids kepada anak-anak sekitar RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kreativitas anak-anak dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sejalan dengan Sustainable Development Goals ke 4 yaitu pendidikan bermutu. Dengan pembelajaran yang diberikan oleh mahasiswa Kerja Kuliah Nyata Tim II ini harapannya dapat membantu pihak institusi pendidikan untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak ketika pembelajaran

tidak dapat dilakukan dilingkungan sekolah. Program Arduino for Kids diadakan pada hari Rabu, 21 Juni 2021 di halaman rumah Pak RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang pada pukul 15.00 sampai dengan selesai.

Program ini diikuti oleh 10 orang anak-anak di lokasi tersebut dengan melaksanakan protokol kesehatan terlebih dahuu yakni pemberian masker, mengenakan masker, mencuci tangan, pengecekan suhu dan memperhatikan jarak satu sama lain. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan pembacaan modul Arduino For Kids untuk proses awal dalam pemebelajran Ardunio For Kids kemudian dilanjut dengan mempraktekan pembelajaran sesuai dengan yang ada pada modul yang dilakukan secara bergantian. Program ini direspon dengan baik oleh anak-anak dri RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan. Mereka mengatakan dengan mengikuti program ini, layaknya berada disekolah mereka merasa senang karena mereka dapat belajar sekaligus bermain dengan alat Arduino for Kids.

Dan juga program kedua berdasarakan saat ini pandemi Covid di sejumlah kabupaten/kota yang berada di tujuh provinsi di Banten khususnya lokasi Kota Serang masuk kriteria daerah level 4 dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat disebabkan pada tanggal 15 juli jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia selalu bertambah sampai 56 ribu kasus. Maka dari itu mahasiswa KKN Kelompok II STKIP Banten tahun 2021, Faisal Aris maulan mahasiswa Program Studi S.T. Teknologi, Sekolah Vokasi, STT Banten, melaksanakan program sosialisasi mengenai Panduan Mengatasi Covid-19 dari Halodoc X GOTO. Dalam panduan tersebut berisi tentang perawatan gejala Covid-19 mulai dari ringan, sedang sampai kritis dan berbagai informasi lainnya yang berhubungan dengan Covid-19. Sosialiasi ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di daerah RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan karena daerah ini masih belum ada kasus Covid-19.

Program sosialiasi ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2021 di RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang pada pukul 15.00 sampai dengan selesai. Program ini diadakan di halaman rumah Pak RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan dengan menyampaikan informasi mengenai Panduan Mengatasi Covid-19 kepada ketua RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan. Dalam pelaksanaannya, panduan ini akan selanjutnya di teruskan kepada warga RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan melalui Group Whatsapp untuk meningkatkan rasa aware warga terhadap Covid-19. Mahasiswa KKM STKIP Banten juga membuat spanduk yang cukup besar agar dapat dilihat oleh warga sekitar yang melewati jalan tersebut. Qurtubi (71). Ketua RT 04 RW 02 Kelurahan Pipitan menuturkan bahwa program ini akan sangat berguna bagi warga sekitar.

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*