Program Studi PGSD merupakan salah satu program studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Banten. Program studi PGSD berdiri berdasarkan Nomor Surat Keputusan pembukaan Program Studi 453/E/0/2014 pada tanggal 07 Oktober 2014. Penyelenggaraan dari Program Studi PGSD ini memiliki visi, misi, tujuan, dan strategi yang telah ditetapkan melalui rapat musyawarah bersama seluruh sivitas akademika STKIP Banten.

Visi diperlukan sebagai sesuatu yang didambakan untuk dimiliki dimasa depan (what do they want to have) tentang masa depan Prograrm Studi PGSD. Dengan merumuskan visi diharapkan dapat menumbuhkan komitmen seluruh sivitas akademika pada program studi PGSD, untuk bekerja dan belajar dengan kualitas yang lebih baik. Adapun visi keilmuan Program Studi PGSD adalah sebagai berikut.

“Menjadi Program Studi dalam menghasilkan lulusan sarjana pendidikan di bidang Sekolah Dasar yang religius, profesional dan memiliki daya saing tingkat regional dan nasional”

Visi di atas dapat diterjemahkan sebagai berikut:

  1. Religius: Terwujudnya lulusan PGSD STKIP Banten yang memiliki komitmen kuat terhadap agamanya dan menjadikannya sebagai landasan berpikir dan berpijak dalam mengaktualiasasikan keilmuannya baik sebagai praktisi ataupun akademisi yang ditunjukkan melalui sikap.
  2. Profesional: Terwujudnya lulusan PGSD STKIP Banten yang mampu menguasai iptek, metode dan strategi pembelajaran serta mengaktualisasikan keilmuannya secara tepat, terap guna baik sebagai akademisi maupun sebagai praktisi.
  3. Berdaya saing: Terwujudnya lulusan Program Studi PGSD STKIP Banten yang memiliki kemampuan untuk senantiasa adaptif terhadap dinamika perubahan baik lokal maupun global sehingga mampu memposisikan diri untuk diserap oleh dunia kerja dibidang pendidikan Sekolah Dasar.

Untuk mencapai visi tersebut diperlukan adanya uraian misi yang merupakan sebuah pernyataan yang menegaskan visi lewat pilihan bentuk atau garis besar jalan yang akan diambil Program Studi PGSD untuk mencapai visi yang telah dirumuskan. Perumusan misi Program Studi PGSD mengacu pada visi dan mempertimbangkan kondisi eksisting Program Studi PGSD STKIP Banten, tantangan yang akan dihadapi serta peluang yang dimiliki, maka ditetapkan misi yang perlu untuk dijalankan sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang PGSD.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian yang berorientasi pada pemecahan masalah pendidikan dalam bidang Sekolah Dasar.
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi regional dan nasional untuk memperkuat bidang keilmuan PGSD.

Untuk mewujudkan misi di atas, dirumuskanlah beberapa tujuan sebagai berikut ini.

  1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang PGSD
  2. Memberikan kontirbusi hasil penelitian dan pengabdian untuk pemecahan masalah sosial di masyarakat pada bidang Pendidikan Dasar.
  3. Menghasilkan kerjama dengan instansi regional dan nasional untuk memperkuat bidang PGSD.

PROFIL LULUSAN PRODI PGSD

PROFIL LULUSANDESKRIPSI
TENAGA PENDIDIK PROFESIONALSarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.  
(BIDANG 1) PENELITI DI SEKOLAH DASAR  Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan memecahkan permasalahan pembelajaran melaui pelenitian serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
(BIDANG 2) Tenaga Ahli (Konsultan, pengelola bimbingan belajar untuk anak SD/MI)Sebagai tenaga ahli di tingkat SD/MI yang mampu mengembangkan sumber belajar, evaluator pelaksanaan pembelajaran, pengelola bimbingan belajar dan pembinaan ekstra kurikuler
(BIDANG 3) EDUPREUNEUR  Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha secara kreatif dan mampu mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai perkembangan dunia pendidikan.

Daftar Dosen Tetap